Welcome! Blurpalicious is a social platform where you can create content and share it to the world!

Sering Kencing di malam hari sakit apa?

by rizkinovali9 months ago

Pada dasarnya, sering buang air kecil pada malam hari bukanlah suatu penyakit, hanya saja dalam banyak kasus hal itu adalah bisa menjadi bagian atau efek dari penyakit tertentu yang mendasarinya. Untuk beberapa kasus yang lain mungkin hal ini tidak memiliki penyebab yang jelas. Namun, tindakan yang paling baik jika Anda mengalami nokturia adalah periksa kesehatan ke dokter – karena beberapa seringnya frekwensi kencing pada malam hari bisa merupakan gejala dari penyakit tertentu yang cukup serius. Dengan demikian dokter bisa mengetahui dan mengobatinya sedini mungkin.

Ada banyak sekali kemungkinan penyebab medis yang menyebabkan nokturia ini. Beberapa di antaranya adalah termasuk diabetes, hiperkalsemia(kelebihan kalsium), gagal ginjal, penyakit jantung, dan edema. Multiple sclerosis dan kondisi neurologis lainnya juga bisa mempengaruhi kontrol kandung kemih, yang juga bisa menyebabkan nokturia. Penyakit yang terjadi pada saluran kemih bagian bawah juga bisa menyebabkan sering buang air kecil di malam hari; beberapa nya termasuk penyakit uretra, peradangan seperti interstitial cystitis, infeksi saluran kemih, tumor kandung kemih, tumor ureter/uretra, kanker prostat, dan hipertrofi prostat jinak. Sleep apnea juga diketahui memungkinkan menyebabkan nokturia.

 

Pernapasan yang terganggu akibat sleep apnea menyebabkan orang terbangun sebentar pada malam hari, yang akhirnya mendorong orang untuk pergi ke kamar mandi. Kehamilan, terlalu banyak asupan cairan, minum alk*hol, kafein sebelum tidur, dan penurunan hormon antideuretik terkait usia juga bisa menjadi penyebab. Pada beberapa orang tua, kapasitas kandung kemih bisa sedikit berkurang karena penuaan, dan oleh karena itu juga bisa menghasilkan efek sering buang air kecil di malam hari.

Obat-obat tertentu juga bisa menghasilkan efek samping dalam bentuk nokturia. Beberapa obat-obat ini termasuk diuretik, antasida, dan suplemen kalsium yang berlebihan. Telah disebutkan diatas bahwa beberapa penyebab medis yang mendasari bisa sangat serius. Hal inilah yang banyak difikirkan, mengapa orang yang sering buang air kecil di malam hari telah terbukti memiliki risiko kematian lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang tidak. Selain itu, ada efek lain yang terkait sering pada malam hari. Karena sering mengalami gangguan tidur, pada akhirnya bisa menyebabkan naiknya kortisol, yaitu hormon stres yang menyebabkan menurunnya kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan.

 

5 visits |0 Comments|Reply

There are no comments on this post

Write a New Comment on Sering Kencing di malam hari sakit apa?

Please Log In or Register to post comments.